BIAN Juga Dilakukan pada Orang Rimba Terap

BIAN Juga Dilakukan pada Orang Rimba Terap

Pelaksanaan BIAN pada Orang Rimba Terap-ist -Warsi

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) juga menyentuh suku-suku pedalaman, Sabtu 18 Juni 2022 dilakukan pemberian imunisasi Campak Rubella untuk kelompok Orang Rimba yang bermukim di Terap, Kecamatan Bathin XXIV, Kabupaten Batanghari oleh Puskesman Durian Luncuk bekerjasama dengan KKI Warsi

Acara serupa juga digelar Puskesmas Panerokan bersama Warsi dan Reki melakukan pengobatan, imunisasi dan penyuluhan hidup bersih dan sehat ke komunitas Bathin Sembilan di Desa Bungku Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, Kamis, 16 Juni 2022.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan kerjasama Warsi dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas untuk menjangkau suku-suku yang tinggal di dalam dan sekitar hutan,” kata Maria Kristin, Fasilitator Kesehatan Warsi yang turut serta mendampingi pelaksanaan imunisasi ini. 

Menurut Maria, pemberian imunisasi kepada suku-suku ini dilakukan setelah penjelasan dan pendekatan kepada komunitas. 

BACA JUGA:Bikin Bangga, Pebalap Indonesia Tampil di MXGP Samota 

BACA JUGA:Fun Bike Semarak Hari Bhayangkara ke-76 Polda Jambi, Diikuti Ribuan Pesepeda

“Awalnya tidak mudah untuk memberikan imunisasi kepada Orang Rimba maupun Bathin Sembilan, namun setelah dilakukan sosialisasi dengan menjelaskan sedetailnya tentang vaksin, mereka mau menerima,” kata Maria. 

Kepada petugas yang mau melakukan kegiatan ini juga sudah diberi pemahaman tentang suku-suku ini, sehingga ketika berkegiatan sudah bisa dilakukan dengan baik. 

“Akses yang jauh biasanya menjadi kendala dalam menjangkau suku-suku ini, termasuk masalah komunikasinya, kita menjembataninya disitu, sehingga petugas medis bisa menjangkau mereka, bertemu langsung dengan komunitas ini,” kata Maria. 

Dalam pelaksanaan BIAN ini sasarannya adalah anak 9 bulan - 12 tahun untuk mendapatkan imunisasi yang berguna untuk mencegah serangan virus campak dan rubella.  Juga disediakan vaksin lain yang dibutuhkan masyarakat. 

BACA JUGA:Teganya, Petani Ini Dikasih Upah Uang Mainan 

BACA JUGA:Diduga Mirip TikTok,Mark Zuckerberg Uji Coba Tampilan Layar Penuh Instagram

Di Tarap, lokasi pemukiman Orang Rimba yang berjarak dua jam berkendara dengan kendaraan double gardan, terdapat 32 anak yang mendapat vaksin Campak Rubella. Juga ada 35 orang dewasa yang mendapatkan pengobatan dengan keluhan gatal-gatal, batuk dan deman. 

“Menariknya, ada juga Orang Rimba yang membawa anaknya ke Puskesmas untuk vaksin. Jadi kita sebelumnya sudah sosialisasi ke kelompok akan datang untuk pemberian vaksin dan pengobatan, karena ada sebagian anggota kelompok yang tengah mencari Damar  jauh dari kelompoknya namun lebih dekat dengan puskesmas, mereka memilih datang langsung ke Puskesmas,”kata Maria. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: