Setelah Lolos Piala Asia, Ini Jadwal Laga Indonesia Selanjutnya

Setelah Lolos Piala Asia, Ini Jadwal Laga Indonesia Selanjutnya

Shin Tae-yong--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Jadwal padat sudah menanti Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia sepanjang 2022. Persiapan matang mesti dilakukan untuk menyambut Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia baru saja memastikan diri lolos ke Piala Asia 2023. Tim besutan Shin Tae-yong lolos sebagai salah satu runner-up terbaik dari kualifikasi babak ketiga.

Kepastian lolos didapatkan usai menghajar Nepal pada pertandingan terakhir Grup A. Indonesia menang telak 7-0.

Piala Asia 2023 baru akan digelar tahun depan. Namun, itu bukan berarti Timnas Indonesia tak ada agenda di sisa tahun 2022. Ada beberapa event penting yang sudah menunggu.

BACA JUGA:Belum Beruntung, Ini Kesialan Mohamed Salah

BACA JUGA:Ikuti Jejak Sang Ayah, Kisah M Fariz Mulia Rambe Jajal Piala Golf Danrem

Usai Kualifikasi Piala Asia 2023, Shin Tae-yong berkesempatan beristirahat kurang lebih tiga bulan.

Asian Games U-23 sedianya digelar pada 10-25 September 2022 di Hangzhou, China. Namun, ajang olahraga terbesar se-Asia ini ditunda hingga batas yang belum ditentukan.

Sebagai gantinya, Timnas Indonesia berkesempatan untuk melakukan sejumlah uji coba. FIFA menjadwalkan FIFA Matchday pada 19-27 September 2022 yang dapat dimanfaatkan oleh Elkan Baggott dkk.

Sesuai dengan formatnya, Piala AFF digelar dua tahun sekali. Edisi 2020 terpaksa diputar pada 2021 dan berakhir pada 2022 karena pandemi COVID-19. Merujuk kebiasaan itu, Piala AFF seharusnya akan kembali dimainkan pada akhir tahun ini.

Ada kabar bahwa Piala AFF 2022 akan diputar pasca-Piala Dunia 2022 dihelat di Qatar pada 21 November-18 Desember 2022.

BACA JUGA:Ada yang Berbagi Makan Gratis di Kota Jambi, Yuk Intip yang Dilakukan Owner Kedai Aa'k

BACA JUGA:Taklukkan Lereng Gunung Kelud, Ini yang Dilakukan Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Deni Rejeki

Semua agenda di atas tidak termasuk dengan aktivitas timnas U-20 yang sudah pasti bakal menyedot banyak tenaga Shin Tae-yong dalam masa persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023.

Awalnya, PSSI ingin agar Shin Tae-yong konsentrasi di tim U-19 dan senior. Hal itu dilakukan agar Shin Tae-yong lebih fokus menangani tim dan konsentrasinya tidak terpecah-pecah.

Namun menurut Iwan Bule, sosok Shin Tae-yong menyanggupi tugas sebagai pelaih Timnas Indonesia U-19, U-23, dan senior.

"Ternyata Shin Tae-yong tetap menyanggupi untuk memegang tiga tim. Alasanya untuk kesinambungan di semua level kelompok umur," kata Iwan Bule.

BACA JUGA:Wah, Elon Musk Digugat Miliaran Dolar US, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Duh, Seorang Anggota Brimob di Papua Tewas Dianiaya, Ini Kronologisnya

"Kami lalu diskusikan dengan Exco PSSI soal alasan yang bersangkutan. Akhirnya saya memutuskan Shin Tae-yong tetap menangani tim U-19, U-23, dan senior," tambahnya.

Selain Piala Asia 2023, Timnas Indonesia U-20 juga berkesempatan kembali berlaga di Piala Asia U-20, sehingga bertambah sibuk lagi pekerjaan Shin Tae-yong.

Lalu ada Timnas Indonesia U-23 yang bertanding di SEA Games 2023 sekitar Mei. Sebulan berselang, giliran Timnas Indonesia senior yang berlaga di Piala Asia 2023.

Jangan lupa, pada periode Mei-Juni 2023, Timnas Indonesia U-20 bakal mengikuti Piala Dunia U-20. Sementara pada akhir Januari hingga awal Februari, FIFA kemungkinan akan menggelar FIFA Matchday. (slt)

 
 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: