BNNP Jambi Gelar Sosialisasi Layanan IBM Bina Masyarakat

BNNP Jambi Gelar Sosialisasi Layanan IBM Bina Masyarakat

JAMBI-INDEPENDENT.CO ID, JAMBI-Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi menggelar Sosialisasi dan Evaluasi terkait Kelebihan dan Hambatan Layanan Operasional IBM Bina Masyarakat Prioritas Nasional di Desa Pulau Kayu Aro, Senin, (16/8). Kegiatan ini merupakan Program Kerja Bidang Rehabilitasi BNNP Jambi dan Program Rencana Aksi Unit IBM Bina Masyarakat Ds. Pulau Kayu Aro. 

 Sosialisasi dihadiri oleh petugas pelaksana dari BNNP Jambi yaitu drg. Mario Leonid Supusepa dan Cahyandri Yanuarso Utomo, S.Psi. Acara dihadiri oleh 15 orang peserta tersebut dihadiri diantaranya oleh kepala desa dan perangkat desa, ketua lembaga adat,tokoh masyarakat dan tim agen pemulihan. 

 Kegiatan dibuka oleh Hikmah, Kepala Desa Pulau Kayu Aro Hikmah. Disampaikan Hikmah bahwa pihaknya sangat mendukung dan menyambut baik kegiatan. Dirinya juga mengajak seluruh tokoh masyarakat serta Tim Agen Pemulihan untuk ikut berperan aktif dalam program IBM. 

“Saya sangat senang dan menyambut baik kegiatan ini sehingga bisa bermanfaat bagi kita semua yang hadir. Saya juga meminta agar semua pihak khususnya Tim Agen Pemulihan untuk ikut berperan aktif dalam program IBM,”ujarnya.

Sementara itu, drg. Mario Leonid Supusepa, Koordinator Bidang Rehabilitasi BNNP Jambi menyampaikan arahan dan saran terkait pelaksanaan Operasional IBM. Menyusun Rencana Aksi berikutnya berupa penjangkauan dengan melibatkan tim AP, perangkat desa dan Klien yang telah selesai menjalani rehab sebagai role model. Dan juga memfasilitasi diskusi terkait program IBM yang sudah dilakukan dan mengidentifikasi hambatan serta mencari solusi. “Kita berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat positif bagi peserta yang hadir,”ujarnya.

Dari kegiatan tersebut, ada banyak hasil yang didapat oleh BNNP Jambi. Diantaranya TIM AP IBM Bina Masyarakat sejak bulan April 2021 sampai bulan Agustus 2021 telah menjangkau dan melakukan skrining pada masyarakat yang memakai Narkoba dengan rincian diantaranya ada enam orang dirujuk ke Layanan Rehabilitasi rawat inap, dua orang dirujuk ke layanan Rehabilitasi rawat jalan di Klinik BNNP Jambi.

Sementara itu, tokoh masyarakat dan perangkat desa Pulau Kayu Aro yang hadir meminta agar sistem kontrol dan patroli oleh Tim BNNP Jambi terus ditingkatkan. Ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap dugaan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh masyarakat desa pulau kayu aro atau masyarakat dari luar desa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: