Gubernur Al Haris: Pemprov Jambi Bakal Siapkan Desa Kreatif

Gubernur Al Haris: Pemprov Jambi Bakal Siapkan Desa Kreatif

--

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Gubernur Jambi, Al Haris menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi akan mempersiapkan desa kreatif sebagai salah satu upaya dalam membangkitkan perekonomian desa.

“Pemerintah Provinsi Jambi akan mendorong pemerintahan desa dan para generasi muda guna menciptakan kreatifitas dalam membangun perekonomian,” kata Al Haris.

Hal tersebut dinyatakan Al Haris pada Sosialisasi Keputusan Menteri Desa Kreatif, Festival Kopi serta Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Desa Kreatif dan Inovatif (ADKI) Provinsi Jambi, yang berlangsung di Gedung Putih Grand Kemas Jambi, Rabu 2 Maret 2022.

Dalam sesi wawancara, Al Haris mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi menyambut baik Keputusan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif nomor: KM/107/KD.03/2021 tentang Panduan Pengembangan Desa Kreatif yang tujuannya adalah untuk membangkitkan ekonomi desa, mengurangi kemiskinan, serta berkontribusi meningkatkan Produk Domestik Bruto dan Produk Domestik Regional Bruto.

Kata dia,.Pemerintah Provinsi Jambi menyambut baik dengan adanya Keputusan Menteri ini, karena ini adalah harapan baru bagi warga di desa, untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas yang pelakunya pasti generasi muda. 

"Kita mengharapkan Jambi memiliki desa-desa mandiri, dengan melibatkan dan mendorong pemerintah desa untuk berani menciptakan banyak hal-hal kreatif, dengan melibatkan generasi muda yang ada di desa, sehingga nanti akan muncul desa-desa kreatif dari para generasi muda yang kreatif,” ujar Al Haris.

Al Haris menjelaskan Provinsi Jambi saat ini tengah mengembangkan desa-desa wisata yang mempunyai potensi mulai dari wisata alam, buatan dan budaya yang tersebar di beberapa Kabupaten sebanyak 52 desa wisata, dengan status desa rintisan, berkembang, dan maju atau mandiri.

Pemerintah Provinsi Jambi berupaya dalam membina dan mengembangkan desa desa ini agar menjadi desa-desa wisata yang maju dan mandiri.

“Kami menyadari, selain pembinaan juga perlu dukungan infrastruktur dasar baik berupa infrastruktur jalan, penyediaan air bersih, penataan kawasan dan infrastrukur pendukung lainnya. Untuk itu, kami mengharapkan dukungan dan sinergi program dari pemerintah pusat dalam pemenuhan infrastruktur dasar tersebut,” pungkas Al Haris.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, Provinsi Jambi dipilih menjadi proyek karena terdapatnya institusi pendidikan yang menghasikan kreatifitas tinggi.

“Jadi Jambi ini adalah provinsi yang memiliki sejarah institusi pendidikan tertua di Indonesia yaitu Komplek Candi Muara Jambi dan disinilah pendidikan yang berbasis pendidikan tinggi yang menghasilkan kreativitas- kreativitas dan imajinasi,” kata Sandiaga.

“Kami memilih Provinsi Jambi ini dengan penuh pertimbangan dan kami ingin mengembangkan yaitu traces of civilization, yaitu jejak tentang peradaban yang sebetulnya adalah bagian dari pengembangan destinasi super prioritas Borobudur, tapi ternyata jejak peradabannya  itu ada di Candi Muaro Jambi. Di Jambi juga ada beberapa Geopark termasuk Kerinci, dimana ada produk ekonomi kreatif yang kita kenal dengan kopi Kerinci dan juga teh yang diminum oleh Ratu Elizabeth,” jelas Sandiaga.

“Branding-branding inilah yang akan kita kembangkan, value–value inilah yang nantinya akan menjadi destinasi wisata tersendiri bukan hanya destinasi pariwisata tetapi juga sentra ekonomi kreatif,” tutupnya. (*/tav)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: