Terungkap, Alasan FIFA Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Erick Thohir : Banyak Intervensi

Terungkap, Alasan FIFA Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Erick Thohir : Banyak Intervensi

Erick Thohir -Foto : ist-Disway.id

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Terungkap, ternyata ini alasan FIFA membatalkan Indonesia jadi tuan rumah piala dunia U20, Erick Thohir bongkar penyebabnya.

 

Erick Thohir, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyampaikan secara blak blakan apa yang menjadi penyebab Indonesia batal jadi tuan rumah piala dunia U20.

 

Hal ini karena FIFA telah mendapatkan intervensi dari banyak pihak. Khusunya dari pemerintah setempat.

 

Padahal menurut Erick, FIFA tidak mau diintervensi oleh siapapun. Termasuk oleh pemerintah setempat. Sebab FIFA sebagai otoritas tertinggi sepak bola dunia tidak mau didikte oleh siapapun.

BACA JUGA:Pemudik Lebaran Idul Fitri 2023 di Terminal Muara Bungo Diprediksi Turun 50 Persen

BACA JUGA:Resmi, Argentina Gantikan Indonesia Gelar Piala Dunia U20, Timnas Indonesia Tak Ikut Bertanding

"FIFA ini kan otoritas tertinggi sepak bola di dunia, tentu dengan segala keberatan-keberatan yang sudah disampaikan tentu FIFA melihat ini sebuah intervensi," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, dikutip Sabtu 1 April 2023.

Dikatakan Erick bahwa FIFA sering menjatuhkan sanksi kepada federasi sepak bola akibat intervensi yang dilakukan pemerintah," ujarnya.

 

"FIFA memiliki status, aturan, dan otoritas sendiri yang tidak boleh diintervensi oleh pemerintah, baik yang bersifat politik maupun aturan sebuah negara," sambungnya.  

Diketahui, Gubernur Bali Wayan Koster dengan menolak gelaran Drawing Piala Dunia U20 di Bali dengan mengirimkan surat ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) karena lolosnya Israel dalam Piala Dunia U20.

BACA JUGA:Fauzi Ansori: Angkutan Batu Bara di Jambi Menguasai Jalan Nasional, Masyarakat Dibuat Tak Nyaman

BACA JUGA:Minta Penegak Hukum Serius Perangi Narkoba, FPI Desak Tutup Tempat Penyebarannya di Jambi

 

Selain itu, penolakan juga adatang dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang secara terang terangan monolak kehadiran Israel dengan alasan ini merupakan salah satu pesan dari Presiden Soekarno.

Fakta lain adanya penolakan dari politisi PDI Perjuangan dan dari politisi Partai Keadilan Sejahtera. Baik PDI Perjuangan dan PKS dengan masif memberikan komentar terkait sikap penolakannya. 

 

Padahal diketahui, bahwa Indonesia lolos menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 melalui proses panjang dan diketahui oleh kedua partai ini. 

 

Anehnya lagi, penolakan itu terjadi ketika pemerintah pusat dan pemerintah daerah sudah menandatangani kontrak mengenai penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023.

BACA JUGA:Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Palestina Sebut Indonesia Korban 

BACA JUGA:Jalan di Tanjab Timur Akan Dipasang Papan Informasi Terkait Kewenangannya, Ini Tujuannya

 

Yang ditandatangani itu kita menjamin keamanan salah satunya, tentu ini yang mungkin menjadi pertimbangan FIFA juga," tegasnya.

 

 

Erick pun menepis anggapan bahwa Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 akibat infrastruktur yang belum siap.

"FIFA sudah menyatakan bahwa stadion yang disiapkan memenuhi kualifikasi untuk menjadi lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20," terangnya.

Argentina dikabarkan sudah ditunjuk oleh FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, yang akan digelar pada Mei mendatang.

BACA JUGA:Resmi, Argentina Gantikan Indonesia Gelar Piala Dunia U20, Timnas Indonesia Tak Ikut Bertanding

BACA JUGA:UNIQLO Indonesia Resmi Hadir di Jamtos, Masyarakat Jambi Sambut Antusias

Argentina Disebut tengah mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 usai mendapat kabar bahwa undian grup Piala Dunia U-20 2023, di Bali, Indonesia, dibatalkan oleh FIFA beberapa hari lalu.

Untuk Argentina, ini merupakan keuntungan besar. Pasalnya, Argentina awalnya tidak lolos ke putaran final, dan jika benar dapat status tuan rumah, maka mereka lolos cuma-cuma. *


 

Artikel ini juga tayang di disway.id

Dengan judul Erick Thohir bongkar alasan FIFA cabut status Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia U20 banyak yang


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id