ASUS IoT Umumkan Tinker V

ASUS IoT Umumkan Tinker V

ASUS IoT Umumkan Tinker V--

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-ASUS IoT, penyedia solusi AIoT global, mengumumkan Tinker V terbaru — sebuah single-board computer (SBC) serbaguna yang ditenagai oleh prosesor berbasis RISC-V 64-bit dan  mendukung sistem operasi Linux Debian dan Yocto. Tinker V menghadirkan konektivitas yang beragam ke dalam form factor Pico-ITX yang ringkas serta memiliki jaminan masa pakai yang panjang dengan dukungan yang andal. Oleh karena itu, Tinker V merupakan pilihan yang ideal untuk beragam aplikasi IoT dan gateway.

Tinker V mengadopsi arsitektur RISC-V open-source untuk meningkatkan variasi dan fleksibilitas para pengembang IoT
Prosesor RISC-V pada Tinker V menggunakan Instruction Set Architecture (ISA) open-source yang berbasis prinsip Reduced Instruction Set (RISC). Dibandingkan dengan platform x86 dan Arm tradisional, manfaat utama RISC-V yaitu karena ISA merupakan open source. Baik pengembang individu maupun perusahaan dapat mengubah, mengoptimalkan, dan meluncurkan aplikasi berbasis arsitektur RISC-V secara bebas, sehingga meniadakan biaya lisensi dan hak cipta.

Peluncuran Tinker V yang berbasis RISC-V menjadi sebuah representasi terhadap komitmen berkelanjutan dari ASUS IoT untuk mempercepat teknologi IoT serta menyediakan lingkungan yang nyaman dan efisien bagi orang-orang di mana pun.

Ideal untuk aplikasi IoT industri
Tinker V SBC dirancang khusus untuk menjalankan sistem operasi Linux Debian dan Yocto. Dengan tampilan ukuran yang ultra ringkas, Tinker V memberikan kekuatan yang mengesankan, fungsionalitas yang komprehensif, serta konektivitas yang beragam sehingga menjadi pilihan yang sempurna untuk beragam aplikasi IoT industri.

BACA JUGA:ASUS Republic of Gamers Umumkan Ketersediaan Monitor Gaming Swift OLED PG27AQDM

BACA JUGA:Terlibat Cekcok, Mantri Bunuh Kades Menggunakan Jarum Suntik yang Mengandung Zat Berbahaya

Selain itu, Tinker V dilengkapi dengan Renesas RZ/Five Mpu yang menggabungkan RISC-V AndesCore™ AX45MP single-core serta mendukung frekuensi operasi 1,0 GHz. Tinker V juga dirancang dengan berbagai konektor periferal untuk keperluan industri, seperti GPIO, micro-USB, dual gigabit Ethernet, sepasang antarmuka CAN bus, dan dua port COM RS232. Perangkat ini juga diuntungkan dengan RAM 1 GB built-in dan eMMC 16 GB opsional dengan dukungan berbagai suhu operasi, dari -20 ° C sampai 60 ° C.

Kolaborasi yang kuat mendorong ekosistem RISC-V yang berkembang pesat
Menanggapi peluncuran Tinker V, Shigeki Kato, Wakil Presiden Divisi Bisnis Infrastruktur Perusahaan Renesas mengatakan: “Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan ASUS dan menyaksikan bagaimana tujuan umum dari RZ/Five MPU kami dapat berkontribusi pada pengembangan RISC-V dalam sistem IoT. ASUS telah berperan dalam mengintegrasikan perangkat kami pada Tinker V SBC dan kami berharap dapat memperkenalkan solusi MPU berbasis RISC-V yang lebih komprehensif kepada pelanggan kami melalui kolaborasi ini.”

Dr. Charlie Su, Presiden dan CTO Andes Technology, menambahkan: “Andes telah berkolaborasi dengan ASUS IoT untuk produk Tinker V yang menarik. Komputer single-board yang kuat ini menggunakan Andes AX45MP. Saya berharap dapat melihat lebih banyak lagi perangkat dari para inovator di pasar industri global yang disematkan dengan rangkaian prosesor RISC-V Andes yang canggih."

Dengan pembelian Tinker V, pelanggan menerima jaminan setidaknya lima tahun dukungan dari ASUS IoT serta dukungan teknis khusus on-site disediakan untuk mempersingkat siklus pengembangan pelanggan dan mempercepat peluncuran aplikasi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: